Selasa, 30 Agustus 2016

Arti Warna Helm! di sebuah proyek/pabrik



Arti Warna Helm di dalam sebuah pabrik ataupun proyek :

1. Helm putih adalah menunjukan simbol bahwa seseorang tersebut adalah atasan ataupun orang penting.

2. Helm Biru adalah helm yang biasanya dipakai supervisor ataupun teknisi listrik, dan pengawas sementara.

3. Helm Kuning adalah helm safety yang biasanya dipakai oleh sub kontraktor atau pekerja, bukan pekerja dari owner melainkan pekerja dari sub kontraktornya.

4. Helm Hijau adalah helm yang biasanya digunakan oleh pengawas lingkungan, ISO yang terkait adalah ISO 14001 mengenai Sistem manajemen Lingkungan, dan untuk program pemerintah indonesia mengenai lingkungan adalah PROPER.

5. Helm Pink adalah helm yang biasanya dipakai oleh tenaga kerja baru atau tenaga kerja magang, maupun mahasiswa magang.

6. Helm Orange adalah helm yang biasanya dipakai oleh tamu perusahaan biasanya tamu penting (contohnya manajer, mandor, tamu penting perusahaan, ataupun pejabat setempat).

7. Helm Merah adalah helm yang biasanya dipakai oleh safety officer yang bertanggung jawab memeriksa sistem keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terganggunya proses produksi, kerusakan alat, bahkan jatuhnya korban jiwa.

sebagai seorang safety (orang yang bertanggung jawab atas keselamatandan kesehatan tenaga kerja) kompeten adalah hal mutlak yang harus dimiliki, kompeten terdiri dari Skill, Attitudge, dan Knowledge.

apakah itu attitudge, knowledge, dan skill?

- attitudge adalah sifat atau kepribadian seseorang
- knowledge adalah pengetahuan seseorang, biasanya didasari oleh ilmu formal yang didapat oleh pendidikan formal, sedangkan
- skill adalah kemampuan seseorang yang didapat oleh pengalaman, try and false, maupun training. untuk kemampuan skill biasanya dibuktikan oleh sertifikat training, pengalaman kerja, penghargaan, dll.

untuk training yang cocok bagi safety officer (biasanya divisi HSE -Health Safety and Environment) adalah training ahli keselamatan dan kesehatan kerja umum yang tersertifikasi KEMNAKER RI, tetapi untuk lebih spesifik oleh Pertambangan bisa melalui training ahli k3 pertambangan oleh kementerian ESDM.

contact person : Agung Setiawan
No. Telp. : 08121973884
BBM : 5CD487E2

www.midiatama.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar